STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
STANDAR KOMPETENSI DAN
KOMPETENSI DASAR
Mata Pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Menengah Pertama
(SMP)/Madrasah
Tsanawiyah (MTs)
A.
Latar Belakang
Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan
komunikasi berkembang dengan pesat yang
dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan
ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan,
bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi
informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan
untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya
perkembangan tersebut.
Mata pelajaran ini perlu
diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar
mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang
ditandai dengan perubahan yang
sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan
kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi
dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan
demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan
untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan
peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.
Mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi diajarkan sebagai salah satu mata pelajaran
Keterampilan yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara terpisah atau
bersama-sama dengan mata pelajaran keterampilan lainnya. Alokasi waktu
pembelajarannya secara keseluruhan untuk jenjang SMP/MTs adalah 72 jam pelajaran untuk selama 3 tahun,
atau ekivalen dengan 2 jam pelajaran per
minggu untuk waktu 1 tahun jika mata pelajaran ini dibelajarkan secara terpisah
dan mandiri
B. Tujuan
Mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut.
1.
Memahami teknologi informasi dan komunikasi
2.
Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi
3.
Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan
mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
4.
Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan
komunikasi.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk
mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
2.
Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data
dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar